Senin, 12 November 2012

Pertemuan 1 : DATA DAN INFORMASI


Pengantar Sistem Informasi
Pertemuan 1 : DATA DAN INFORMASI
Evangs Mailoa(evangsmailoa.wordpress.com)
Fakultas Teknologi Informasi UKSW


  •  Tentang Data

Dari sudut pandang bisnis: Business data is an organization's description of things (resources) and events (transactions) that it faces”. ( menurut Bahasa Inggris )
"Data Bisnis adalah deskripsi organisasi tentang hal-hal (sumber daya) dan peristiwa (transaksi) yang dihadapinya. ( menurut Bahasa Indonesia )

Gordon B. Davis dalam Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures, and Developmentmenyebutdata sebagai bahan mentah dari informasi.

·         Kesimpulan tentang Pengertian data : Kumpulan file atau informasi dengan tipe tertentu, baik suara, angka, huruf,  gambar atau yang lainnya. Dengan tersedianya data yang melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pengembangan sistem informasi

  • Tentang Informasi

MenurutGordon B. Davis: informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata.
MenurutBarry E. Cushing : informasi merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya.
Menurut Stephen A. Moscove: informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.
   
Kesimpulan tentang Pengertian Informasi : Sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi si penerima. Sebagai contoh, bila kita memasukkan nama-nama murid dengan nilai rata-rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengan jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.


     
  •       Perbedaan DATA dan INFORMASI

Data mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti, yang diubah menjadi informasi oleh suatu pengolah informasi. Informasi memiliki arti bagi pemiliknya. Pengolah informasi menyediakan informasi dalam bentuk lisan maupun tertulis. Informasi berasal dari sumber-sumber internal maupun lingkungan dan digunakan untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah.

                         
  •             SIKLUS INFORMASI

  1.  DATA : Data yang diolah menjadi suatu model Informasi
  2. PROSES : Proses itu bagaimana kita mengolah atau memproses Data menjadi Informasi
  3. INFORMASI : Dengan Informasi yang di dapat, maka Informasi tersebut mempunyai arti bagi si penerima yang menerima Informasi.
  4. KEPUTUSAN : Setelah Informasi yang di dapat, si penerima harus membuat suatu keputusan.
  5. TINDAKKAN : Dari Keputusan di atas akan si penerima harus melakukan suatu Tindakan
  6. HASIL TINDAKKAN : Dari Tindakan dia atas si penerima akhirnya memperoleh Hasil              Tindakan yang telah dibuat. Dari Hasil Tindakan yang telah di terima tersebut akan kembali lagi ke proses awal yaitu DATA, dan dari proses awal akan terjadi secara terus-menerus dan berulang dan akan membentuk yang namanya “SIKLUS INFORMASI”.

  • Nilai Informasi

Nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan.
Parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi tersebut, ditentukan dari Manfaat (use ataubenefit) dan Biaya (cost).
Suatu informasi dikatakan bernilai bila:
             Manfaat> biaya
Sebagian besar informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan uang, tetapi dapatditaksir nilai efektivitasnya.


  •  Kualitas Informasi

Faktor utama Kualitas Informasi :

1.    RELEVANSI : Sesuatu yang mempunyai kecocokan atau saling berhubungan. Contohnya antara Adik dan Kakak, karena adanya hbungan kekeluargaan.Itu yang dimaksudkan dengan Relevansi.
2.    AKURASI : Suatu aspek yang menyatakan tingkat pendekatan dari  nilai hasil pengukuran yang bernilai benar.
3.    Tepat waktu : Ukuran. Mengapa waktu dikatakan sebagai ukuran, karena ukuran itu dilihat dari seberapa besar kita bisa menghargai waktu yang telah diberikan tersebut.



Faktor lain :

1.      Ekonomis : Suatu tindakan atau perilaku dimana kita dapat memperoleh masukkan yang mempunyai kualitas terbaik.
2.      Efisien : Melakukan sesuatu dengan menggunakan sedikit sumber daya.
3.      Dapat di percaya : Seseorang atau sesuatu yang dapat dipercaya atau yang dapat di andalkan.
   
     
 
RINGKASAN PERTEMUAN 1 : DATA DAN INFORMASI
                                         SEKIAN DAN TERIMA KASIH

 Nama        : REINHARD SILAHOY
 NIM           : 702012027 ( PTIK )






Tidak ada komentar:

Posting Komentar